Julie & Julia

Kemarin saya baru saja menonton film yang sebenarnya sudah lama saya beli, tapi baru saya tonton sekarang. Bukannya sok sibuk atau apa, tapi memang sudah beberapa bulan belakangan ini saya langsung ngantuk kalau sudah tiba di rumah. Jadi untuk menonton dvd yang membutuhkan konsentrasi, rasanya agak malas, hehehe

Judul filmnya “Julie & Julia”. Ini bener-benar film yang memberikan inspirasi pada saya untuk menulis dan juga memasak. Memasak lebih utama, karena saya bukan orang yang hobi memasak dan memang tidak bisa memasak.

Film ini bergenre drama, bisa membuat kita belajar tentang blog. Memang film rilisan tahun 2009 ini memang tidak mutlak berbicara tentang blog, ini adalah film tentang kisah nyata dua wanita dari beda generasi dalam mencapai target masing-masing di hidupnya. Dan kebetulan targetnya adalah menulis dan memasak.

Sinopsisnya kira-kira begini : Julie Powell (Amy Adams) adalah mantan editor majalah yang karirnya mandek dan kini bekerja sebagai customer service di sebuah perusahaan asuransi, pekerjaan itu membosankan baginya, apalagi ia juga sempat iri dengan teman-temannya yang punya karir lebih baik darinya. Ia sebenarnya memiliki cita-cita sebagai seorang penulis, sebelumnya ia pernah menulis novel namun berhenti di tengah jalan. Sikap mengerjakan suatu hal sampai selesai inilah yang coba diterapkan oleh Julie, atas saran dari suaminya Eric Powell (Chris Messina) ia membuat blog, yap Julie kemudian membuat blog dengan niche resep masakan. Uniknya blognya ini dibuat sebagai proyek yang harus diselesaikan dalam 1 tahun, dimana dalam 1 tahun itu alias 365 hari ia harus membuat 524 resep. Nah sumber resep-resep ini adalah buku karangan Julia Child (Meryl Streep) yang berjudul Mastering the Art of French Cooking (1961), yang ditulis dengan dua rekannya Simone Beck dan Louisette Bertholle. Julie Powell menamai proyek ini “Proyek Julie/Julia” dalam 365 hari, ia harus memposting kisahnya di blog beserta resep dan proses pembuatan masakan-masakan dari buku tersebut, menurutnya itu adalah sebuah tantangan karena selama 40 tahun belum ada yang bisa menyamainya (Kisah Julie Powell berlatar tahun 2002 di New York, sedangkan kisah Julia Child berlatar tahun 1941 sampai 1961 dengan dominasi lokasi di Paris, Prancis).

Jelas sangat berat jika Selama 365 hari harus membuat 524 resep dan mempostingnya di blog. Namun setelah dilakukan,ternyata ini menjadi rutinitas yang jauh lebih menyenangkan ketimbang pekerjaannya yang asli. Setiap pagi Julie bangun lebih awal dan menulis resep apa yang akan ia buat, sepulang kerja ia memasak lalu kembali menuliskan hasilnya. Terkadang ia hanya menulis pagi harinya atau malam harinya sesudah memasak. Ternyata tidak mudah karena ada beberapa resep yang gagal, belum lagi tanggapan sinis dari ibu Julie yang heran kenapa anaknya malah nge blog. Namun semua tantangan itu berhasil dilaluinya dengan hasil yang manis.

Betapa girangnya Julie saat menerima 53 komentar di blognya suatu hari. Kita pasti pernah merasakan hal yang sama bukan saat dapat komentar. Pembaca blognya mulai mengiriminya bahan-bahan masakan sebagai bentuk apresiasi terhadap Julie, blognya masuk ke peringkat ke-3 dibaca terbanyak sampai puncaknya blog yang ditulisnya banyak mendapat tawaran untuk dibuat buku, diwawancarai bahkan difilmkan. Pada akhirnya blognya pun dibuat buku dengan judul “Julie & Julia” pada tahun 2005 dan sesuai cita-citanya ia kini menjadi penulis.

Saya juga menyukai acting Meryl Streep yang disini berperan sebagai Julia Child. Dengan logatnya yang terdengar agak aneh, seperti Amerika – Prancis, membuat saya makin tertarik untuk mndengarkan Jula berbicara. Ditambah lagi dengan semangatnya yang menggebu-gebu dan terkesan kocak. Hubungan harmonis Julia dengan suaminya, Paul Child juga patut ditiru. Hubungan yang saling mendukung kesenangan dan kesibukan satu sama lain. Pengertian yang begitu besar, sehingga bisa meredam semua masalah yang ada.

Film ini memberikan kesan yang ringan, tapi juga mengajarkan konsistensi, kesabaran dan kejujuran dalam mengerjakan sesuatu.

Advertisements

One thought on “Julie & Julia

  1. waaaaa…
    kakak… chi jg udah nonton filmnya..
    baguuusss dan bikin semangat untuk belajar masak (hehehe kita punya kesamaan kurang bisa memasak)dan terus ngeblog.

    Mari semangat menulis dan memasaaak, eits… buat sekarang semangat makan aja dulu, soalnya belum sejago Julie dan Julia, hihihi….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s