Persiapan memasak ALA Cimot :D (hobi makan, ga hobi masak)

Sebenarnya memasak itu adalah kegiatan yang seru dan mengasyikkan. Tapi entah kenapa, seringkali saya merasa malas untuk melakukannya. Saya yang hobi makan tidak dibarengi dengan hobi memasak. Saya sadar, memasak itu perlu kemauan dan konsentrasi. Dengan bisa memasak membuat kita lebih menghargai makanan dan menghargai orang lain yang memasakkan makanan buat kita. Tapi ya itu… setan malas selalu datang menggoda saya.Walau begitu, terkadang saya menyempatkan dan setengah memaksa diri saya untuk beranjak ke dapur dan segera membuat makanan a.k.a memasak walau menunya sederhana dan porsinya hanya untuk saya sendiri (egois yah :D).

Persiapan memasak ala cimot :

  • Pilih menu yang sederhana dan gampang mengolahnya, juga gak menghabiskan waktu lama untuk membuatnya. Kalau bisa juga sih makanan yang sangat kita sukai tapi juga gampang dalam pengolahan.
  • Boleh juga bertanya kepada mama atau siapa saja tentang resep masakan sehari-hari. Lebih mudah dan akurat, karena pastinya mama kita sudah sering mempraktekkan dan kita juga sudah sering mencicipinya. Tulis langkah-langkah pembuatannya di sebuah notes atau buku agar tidak mudah hilang. Jangan berusaha menghapal luar kepala, karena pasti akan mudah lupa. Apalagi untuk kita yang sama sekali buta tentang memasak 😀
  • Pakailah celemek masak agar pakaian gak kotor. Saya paling stress tingkat tinggi kalau sudah menggoreng ikan. Minyaknya suka lompat kesana kemari dan saya jadi ikutan lari di tempat. Tapi lama kelamaan saya ngeh juga. Jadi saat kita akan mulai menggoreng, setelah minyaknya panas, kompornya dikecilin dulu, trus masukkan ikannya. Jadi percikan minyaknya agak slow motion, hehehe
  • Persiapkan seluruh bahan dan alat-alat memasak supaya proses memasaknya berjalan lancar. Gak asik kan pas lagi heboh hebohnya masak, ternyata ada alat memasak atau bahan yang belum lengkap.
  • Jangan malu bertanya tentang apa saja, bahkan untuk hal-hal yang sepele di dalam memasak. Misalnya tentang kegunaan bahan atau peralatan memasak.
  • Jangan terlalu banyak mencicipi masakan yang telah rampung sebagian tapi belum dihidangkan. Karena akan mengakibatkan orang lain tidak kebagian. Padahal kamu pasti pengen kan kalo masakan kamu dicicipi ama temen, orang tua atau saudara kamu.
Jadi…. SELAMAT MEMASAK!!!!

Advertisements

3 thoughts on “Persiapan memasak ALA Cimot :D (hobi makan, ga hobi masak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s