Aku mendengarmu, June..

[Aku]

Dear June…

Agustus akan segera berakhir dan aku mengalami masa-masa yang menyenangkan di bulan ini. Masa-masa yang membuat aku merasa ada, merasa berguna, merasa dibutuhkan dan merasa lepas.

Sering aku merasa sendirian, tapi sangat menikmati kesendirianku. Dan pada saat aku berada di tengah keramaian, aku akan mencopot rasa sendiriku dan membaur di tengah-tengah keramaian itu. Begitulah caraku menikmati hidup.

Aku menanamkan di benakku bahwa sendiri itu nikmat, dan ramai itu menyenangkan.

[Kamu]

Aku tiba-tiba teringat dengan cerita kita beberapa waktu yang lalu. Komentar yang tanpa sengaja aku lontarkan dan ternyata membuat kamu jadi makin bertanya-tanya. Tapi aku juga lega karena sudah mengatakannya. Setidaknya kamu tau kenapa aku selalu kurang nyaman berbicara denganmu.

[Aku memang orang aneh yang keras kepala]

Ya, mungkin itu kamu, dan aku belum begitu mengenalmu. Apa latar belakangmu yang bisa mempengaruhi sikap dan tindak tandukmu, aku belum begitu tau. Dan aku tidak mau terlalu memaksa diri untuk mengenalmu.

June, Semua orang adalah baik. Dan kamu pasti tau itu. Tapi kita tidak bisa memandang suatu masalah hanya dari 1 sisi saja. Terlalu naif. Dengarkanlah pendapat orang lain, berusahalah untuk mencernanya. Jika tidak ada kesesuaian dengan kita, tidak usah dipaksakan. Anggaplah itu masukan buat kita. Jangan memaksakan isi kepala kamu dengan isi kepala orang lain, karena tidak ada yang sama. Setiap orang memiliki pendapatnya sendiri. Tidak ada yang terlalu benar. Tidak ada yang pasti. Yang pasti hanya Tuhan saja.

Kamu bisa membaur dengan baik. Aku yakin itu. Kamu bisa berkata-kata dengan sangat baik. Aku juga yakin itu.

Cobalah mencari lingkungan yang membuat kamu nyaman, dan setelah itu, KITA akan membaur dengan yang lainnya…

Leave a Reply

