Rumah yang aman untuk anak


Beberapa waktu yang lalu ada teman yang bercerita tentang anaknya yang kejatuhan gelas yang diletakkan di atas kulkas. Gara-garanya gelas itu diletakkan di atas kulkas yang menggunakan taplak. si anak menarik taplak itu dan jatuhlah gelas itu mengenai wajahnya. Alhasil dari mulai dahi sampai hidung terluka dan harus mendapatkan 4 jahitan.
Saya dan Ibu saya memang termasuk yang cerewet dan sedikit penakut untuk urusan anak. Sejak anak saya belajar berjalan hingga usia 6 tahun, saya selalu melakukan hal-hal berikut di rumah:

  • selalu mengunci pintu depan pada saat anak saya sedang bermain di ruang keluarga sedangkan saya sedang ada keperluan di belakang,misalnya membuat susu atau membuatkan makanan. Karena kalau lengah sedikit saja anak saya bisa memanjat untuk membuka pintu dan keluar ke halaman
  • menyimpan obat-obatan dan cairan berbahaya lainnya seperti obat nyamuk atau cairan pembersih lantai di lemari terkunci agar tidak diminum atau dimakan oleh anak.
  • selalu mengeringkan area lantai yang basah dan setiap hari menyikat lantai kamar mandi agar anak tidak terpeleset
  • menjauhkan dan menyimpan pernak pernik yang mudah pecah atau yang berbahaya agar tidak dijangkau anak dan tidak membahayakan
  • tidak menaruh benda-benda mudah pecah atau berat di atas rak atau meja yang dilapisi taplak. Karena bila si anak menarik taplak itu, benda berat atau mudah pecah yang di atas taplak akan jatuh melukai anak
  • menjauhkan korek api dari jangkauan anak agar tidak terjadi kebakaran
  • menutup semua colokan listrik atau membuatnya lebih tinggi agar tidak dapat dijangkau anak
  • menyimpan semua benda tajam seperti pisau dan gunting di dalam kotak atau laci terkunci
  • menyimpan benda-benda kecil, mainan, kantong plastik, balon dan barang apapun yang bisa membuat risiko tertelan atau tercekik.

Saya bahkan mengikat rak-rak ke dinding agar tidak terjatuh menimpa anak saya apabila tersenggol dan saya menjauhkan meja yang ber ujung tajam atau melapisi siku meja dengan benda lunak agar tidak melukai anak.
Untuk para ibu yang doyan mendandani rumah, memang harus mengalah sedikit demi anak agar anak bisa lebih leluasa bergerak di dalam rumah. Atau para ibu bisa membeli perabotan yang tidak berbahaya seperti misalnya meja yang bundar karena tidak mempunyai ujung yang tajam yang bisa berbahaya untuk anak.
Semoga berguna yaaa dan anak kita dapat bergerak aktif di dalam rumah dengan aman.

Leave a Reply

