Ruang Tunggu

Duduk diam dan menunduk, sesekali menengadah dan memandang sekeliling.
Ada banyak aktivitas disini.
Aku memberikan sedikit senyum kepada seorang Ibu yang duduk di sebelahku.
Hanya melihatnya saja. Aku penasaran.
Dia menggenggam sebuah buku berwarna kuning.
Sudah usang.

Aku mengalihkan pandangan melihat angka – angka di atas, ingin tau giliranku.
Si Ibu mulai membuka lembaran bukunya.
Aku melihatnya tersenyum saat memandang kertas – kertas yang sudah memudar itu.

Ingin mengganggunya untuk sekedar bertanya apa isi buku yang bisa membuatnya tersenyum dengan indahnya, tapi lalu aku tidak tega. Aku hanya akan mengusik kesenangannya.

Aku ingat padamu.
Kau juga selalu bisa menuliskan kata – kata yang melintas di pikiranmu.
Kata-kata yang indah. Juga membuatku selalu tersenyum.
Terkadang kau membaginya denganku, seringnya kau membacanya bersamaku.
Tapi..
Sudahlah..
Kita sudah berhenti membaca bersama dalam riang.
Kau pun sudah kusimpan, jauh sebelum tawaku hilang.

Kembali aku melihat Ibu di sebelahku.
Dia mengusap sampul buku itu dengan lembut dan membuka lembar pertama, kemudian menutupnya lagi dan membukanya lagi, kemudian memandang lama.
Aku menggeser dudukku sedikit mendekat, kemudian melirik sedikit tulisan pudar disana.

“Untuk Istriku terkasih. Ini cerita kita. Tidak apa jika kau bagikan kepada anak cucu kita kelak. Agar mereka tau, kita sangat saling mencinta. Bahkan saat aku telah tiada”

Ahh.. Duduk disini membuatku menangis.
Perlahan aku beranjak.

3 thoughts on “Ruang Tunggu

  1. Ini yang jadi salah satu alasanku nulis, Mbak :)Apalagi pas nemu sebundel naskah punya kakekku tentang kisah hidupnya. Hebat ya, usia emang ada batasnya, tapi tulisan hidup selamanya ^^

    Like

Leave a Reply

