Air Terjun Bah Biak

Melanjutkan cerita perjalanan di Sidamanik, hari kedua kami menuju Air Terjun Bah Biak yang terletak di Perkebunan Teh Unit Bah Butong.
Untuk yang tidak tahu, pasti tidak akan mengira kalau di dalam perkebunan terdapat air terjun, karena memang letaknya dekat sekali dengan pemukiman penduduk. Dan perjalanan menuju air terjun juga sangat jelek dan sempit. Waktu yang dibutuhkan kesana sepertinya hanya 15 menit, tapi karena kondisi jalannya, kami tiba disana dengan waktu 30 menit.

IMG_20141221_065653
Sama seperti Aek Manik, setiba di lokasi, kita tidak bisa langsung melihat air terjun bah biak ini karena masih harus menuruni puluhan anak tangga.

IMG_20141221_113514

Dan, disini saya tidak terlalu berhasrat untuk mandi karena banyak sekali pengunjung dan sedikit kecewa dengan banyaknya pondok-pondok beratap terpal. Tapi untuk teman-teman yang ingin kesana, jangan khawatir kelaparan karena ada penjual mie instant dan gorengan plus minuman hangat. Ada disediakan kamar mandi juga untuk yang ingin mandi atau bertukar pakaian.

IMG_20141221_121922

Processed with VSCOcam with c1 preset

Processed with VSCOcam with c1 preset

Setelah mengunjungi dua tempat wisata selama dua hari, seperti pernah saya obrolin di tulisan saya tentang Komodo dan Kadal, mungkin ada baiknya akses ke suatu daerah yang unik tidak dipermudah dan dipermurah agar orang-orang tidak gampang untuk datang kesana dan insya Allah kelestarian dan keindahan daerah itu tetap terjaga. Karena masih banyak orang yang tidak tau caranya menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

Disamping rasa ingin tau kita untuk menyambangi suatu daerah yang unik dan indah, seharusnya kita mengerti bahwa tidak selamanya “ramai dan banyak” itu menyenangkan. Terkadang ada masanya kita harus membiarkan sesuatu itu tetap indah dengan tidak menjamahnya secara berlebihan.

Well.. Selamat Berlibur yang bertanggung jawab ya ^.^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s