FOTOGRAFI KOMUNIKASI (FOKUS) USU

LOGO_FOKUSPerkembangan fotografi yang semakin maju, memicu muncul banyaknya komunitas foto, terutama di kota Medan. Orang-orang yang tidak mengerti tentang fotografi juga berlomba-lomba untuk belajar dan tak jarang pula langsung bergabung dengan komunitas fotografi yang sudah ada di kota Medan. Karena perkembangan itu pula, banyak pula komunitas, kegiatan organisasi, dan lain-lain yang mengadakan perlombaan atau event yang tentunya berkaitan dengan dunia fotografi. Mulai dari seminar, lomba, pameran, workshop, hingga kegiatan sosial yang menggabungkan beberapa komunitas fotografi pun sudah ada di kota Medan.

Salah satu komunitas fotografi yang ada di Medan adalah Fotografi Komunikasi (FOKUS) USU. FOKUS USU adalah sebuah komunitas fotografi milik mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara, dan anggotanya terdiri dari mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU saja. Komunitas ini berada di bawah naungan Divisi Fotografi Jurnalistik IMAJINASI (Ikatan Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi) USU dan komunitas ini mempelajari fotografi secara umum..

FOKUS USU berdiri pada tanggal 24 Mei 1998 dengan hasil kerjasama antara Haris Wijaya (Dosen Fotografi Ilmu Komunikasi USU) beserta teman-temannya. Namun, pada tahun 2001,FOKUS USU sempat vakum dikarenakan harga peralatan-peralatan fotografi yang sangat mahal. Pada tanggal 17 Mei 2010, dipelopori oleh Alm. Budi Marahim, FOKUS USU kembali aktif hingga sekarang.

FOKUS USU pernah menjadi pengajar fotografi di SMA Harapan 3 pada tahun 2011 dan ditahun yang sama FOKUS USU pun turut serta dalam kegiatan Street Hunting pertama yang diadakan di Medan. FOKUS USU juga sudah mengikuti banyak event dan lomba fotografi yang ada di Medan. Tahun ini saja FOKUS USU sudah mengadakan beberapa event dan lomba fotografi. Salah satunya adalah event tahunan dari Divisi Fotografi Jurnalistik IMAJINASI yaitu Workshop Fotografi. Workshop Fotografi terakhir yang sudah terlaksana bertemakan “Conceptual Wedding Photography”, Workshop ini mendatangkan pembicara dari Jogjakarta yaitu Mishbahul Munir (Owner Poetra Foto) dan Heinrico Hardi (Ketua Asosiasi Fotografer Sumatera Utara (AFSU)). Selain itu, FOKUS USU juga ikut serta dalam Futsal Fotografer (Futsalgrafer) yang diadakan oleh Asosiasi Fotografer Sumatera Utara (AFSU) dan menjadi panitia dan ikut serta dalam Pameran Foto yang besar di kota Medan yaitu “Salon Foto Indonesia ke 35”.

1

Selain itu FOKUS USU sebagai komunitas kampus juga mengadakan pemberian materi setiap minggunya. Mulai dari senior yang berbagi pengetahuan dan materi kepada junior, FOKUS juga pernah mengundang fotografer ternama kota Medan seperti Arbein Rambey untuk menjadi pemateri. Sebagai komunitas, FOKUS USU pernah bergabung dalam kegiatan sosial bersama dengan para komunitas fotografer lain dalam rangka membantu korban Sinabung yang terjadi di tahun 2014 ini.

Selain banyak prestasi dan event yang diikuti, FOKUS USU juga memiliki anggota yang rata-rata sudah memiliki prestasi sendiri mengenai fotografi dan aktif di berbagai kegiatan fotografi di Medan. Anggota FOKUS USU sudah banyak yang memenangkan berbagai lomba, beberapa foto dari anggota FOKUS USU juga sudah dimuat di berbagai majalah di Medan. Salah satunya memuat hasil foto dari anggota Fokus USU di Majalah Eksposure edisi November tepatnya pada halaman 32-37 (lihat bit.ly/expmagz76

2
( foto : Didie Rockavanka)
3
(foto: Edward Kevin)
4
(foto: Yare Gracia)

Fotografi juga merupakan hobi bagi anggota FOKUS USU. Namun, ada juga yang menjadikan fotografi sebagai pekerjaan sambilan diluar status mereka sebagai mahasiswa. Contohnya adalah mahasiswa stambuk 2008.

DIDIE ROCKAVANKA
DIDIE ROCKAVANKA

Pria kelahiran Semarang, 7 September 2014 ini sudah menyukai dunia fotografi sejak masih berada di Sekolah Menengah Atas. Minatnya terhadap dunia foto sudah ada tanpa tahu bagaimana foto itu dapat dikategorikan baik apa tidak. Menurut Didie, “foto itu enak”. Didie memulai hobi fotonya pertama kali dengan menggunakan kamera pocket dan hobinya tetap diteruskan hingga memasuki perkuliahan.

Didie bergabung dengan FOKUS USU sejak tahun 2010 ketika masih berada di semester 4. FOKUS USU merupakan komunitas fotografi pertama yang diikutinya karena ketertarikannya yang besar terhadap dunia fotografi. Dari FOKUS USU, Didie tidak berhenti dan mulai bergabung dengan komunitas fotografi yang lebih besar di kota Medan dan mulai menjadikan hobinya sebagai pekerjaan sampingannya dan untuk menghidupi dirinya juga. Didie sendiri sering diminta untuk mengambil foto dalam berbagai event, namun paling sering mengambil foto dalam bidang khusus yaitu pra wedding.

Dia mulai mendapatkan job foto pra wedding satu per satu selama ia menekuni dunia fotografi. Job pertamanya dalam mengabadikan foto pra wedding seseorang (2010), ia hanya dibayar senilai Rp 200.000,00. Namun, seiring berjalannya waktu, orang sudah mulai mengenal namanya dan karyanya, dia sudah menetapkan harga rata-rata untuk menerima job foto yaitu sekitar Rp 5.000.000,00. Baginya gak ada yang gratis baik untuk temannya sendiri, menurutnya minimal harus ada feedback yaitu biaya penyusutan kamera dan perawatan kameranya yang sekarang adalah sudah kamera DSLR profesional. “Untuk teman, bisalah discount”, kalau gratis gaklah, tapi kalau untuk iseng-iseng aja, bolehla, tuturnya. Hal yang cukup mengejutkan, biaya termahal yang pernah ia terima untuk jasa fotonya adalah Rp 35.500.000,00.

Sekarang ia bukan hanya hidup dari dunia foto, namun ia juga sudah memiliki studio foto sendiri, walaupun itu adalah studio yang dibangun bersama teman-temannya. Penghasilan yang ia dapatkan dari menjadi owner di studio itu adalah sekitar Rp 15.000.000,00/ bulan. Studio ini berada di Jalan Intisari No. 6 Medan.

Karya-karya Didie Rockavanca

6 7 8

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s