Perdana Membuat Daun Ubi Tumbuk

image

Dulu, saya panik sekali melihat berbagai macam bumbu dapur dan resep resep yang saya lihat di majalah. Rasanya rumit dan menakutkan. Tapi ternyata, bumbunya itu itu saja dan tidak menakutkan sama sekali.
Kemarin, sedang tidak enak badan dan pengen makan daun ubi tumbuk tapi tidak ada mama yang biasa memasakkan. Jadi, akhirnya bikin sendiri. Rasanya belum seenak buatan mama, tapi tak apalah, namanya juga masi belajar. Dan karena sedang tidak enak badan, saya tidak terlalu kuat untuk menumbuk daun ubi sehingga tidak terlalu hancur. Lain kali pasti akan lebih baik lagi *semangat!* :))

Ini sayur daun ubi tumbuk ala saya Continue reading “Perdana Membuat Daun Ubi Tumbuk”

Advertisements

Pisang gulung roti coklat

image

Minggu lalu liat postingan Rinni di path, jadi pengen bikin juga. Biasanya, saya pakai isian kornet dan bawang bombay. Yang ini lebih manis manis gitu. Buat buibu yang kehabisan ide buat cemilan sore, ada pisang gulung roti coklat. Bikinnya gampang kok.
# Roti tawar selembar dioles mentega
# taburi setengah bagian dengan misses
# kupas pisang (saya pakai pisang barangan), taruh di atas roti kemudian gulung pelan supaya padat
# kocok telur, gulingkan gulungan roti tadi, kemudian goreng.
Untuk toping, sesuai selera. Saya pakai taburan coklat bubuk. Atau keju parut.
Untuk roti, bisa juga pakai keju singles di atas misses kalau buibu suka keju.
Happy cooking ^.^

Belajar bikin tempe bacem

Belajar bikin tempe bacem
Raffi suka sekali tempe bacem. Tapi dari dulu saya suka males untuk belajar bikin tempe bacem. Akhirnya waktu mama datang kemarin, saya minta diajarin.

Bahan-bahannya:

image

500 gram tempe, kalau saya, pakai tempe ukuran besar seperti di foto sebanyak 3 buah dan dipotong agak tebal
300 ml air (bisa ditambah sesuai kebutuhan)
500 gr gula merah, dicincang kasar
3 bks asam jawa, dilarutkan dgn air
garam, gula sesuai selera
merica sesuai selera
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 buah lengkuas, geprek
2 btg sereh, belah dua, digeprek
minyak untuk menggoreng Continue reading “Belajar bikin tempe bacem”

Asam padeh ala windi

10978508_10205781409075135_3055397698114502081_nA la windi? Iyyaa, soalnya bikinnya pake feeling aja. Apalagi ini dimasak dalam rangka menu makan siang mama yang lagi sakit. Jadi request supaya lebih berkuah. Trus biasanya ikannya tongkol, kali ini kita pake nila. Dan, maafkan tampilannya yg sedikit semrawut. Tapi jangan takut, tetap enak kok. Gitu. 😀 Continue reading “Asam padeh ala windi”

Bakwan jagung manis

1423315989752Baru teringat, kemarin ada temen yang minta diposting cara membuat bakwan jagung. Sebenarnya mudah sekali lho. Tapi ya memang, tetap aja ada yg belom pernah membuatnya. Jadi, karena semua bahan diperlukan ada di kulkas, marilah kita godok. Dan kebetulan, Raffi suka sekali. Baru sebentar, udah habis 8 potong, dimakan pake nasi 2 piring dengan tambahan tempe teri sambel (maaf, anak saya sedang dalam masa pertumbuhan)  😄😄😄

Yuuk cekidot Continue reading “Bakwan jagung manis”

Sate Ayam Bumbu Kacang ala-ala

Saya suka, suka, sangat suka sate ayam bumbu kacang. Selain suka satenya, saya suka sekali dengan kuah kacangnya. Rasanya enak kalau dimakan dengan lontong.
Dan hari ini lagi rajin, pengen buat sate. Sebenarnya sih dari dulu sering penasaran, kok orang-orang bisa bikin sate ya. Apalagi, tetangga depan rumah beberapa kali bikin sate dan dianter ke rumah. Mau nanya gimana buatnya, lupa melulu dan takut ditanyain “gimana windi, udah jadi bikin satenya?”  secara lebih seringnya niat aja yang gede. Prakteknya, yaa pergi ke tukang sate, beli sate :))
Sempat juga mikir, cuma tukang sate saja yang bisa membuat sate *ealah

Jadi, disinilah saya, berbekal resep yang didapet dari internet sejak berbulan-bulan yang lalu.

Bahan Membuat Sate Ayam
Bumbu Kacang:
👉 ½ ekor ayam (buang kulit dan tulangnya lalu potong dadu)
👉 5 sendok makan kecap manis (olesan)
👉 2 sendok makan margarine (lelehkan, untuk olesan)
👉 2 buah jeruk limau (jika suka, saya sih gak pake)
👉 Tusukan sate secukupnya

Bahan untuk membuat bumbu kacang:
👉 350 ml air (saya kira kira aja airnya sebanyak apa)
👉 150 gram kacang tanah goreng yg dihaluskan. Kalau dengan blender lebih halus atau diulek sendiri tapi agak kasar
👉 5 sendok makan kecap manis
👉 Garam secukupnya
👉 Merica bubuk secukupnya
👉 Minyak goreng secukupnya
untuk menumis

Bahan yang akan dihaluskan
untuk membuat bumbu kacang:
👉 5 butir bawang merah
👉 3 siung bawang putih
👉 4 buah cabe merah
👉 2 butir kemiri

Pelengkap:
👉 Irisan tomat, irisan cabe rawit, irisan bawang merah atau bawang goreng
👉 ketupat atau lontong

Cara membuat bumbu kacang sate ayam:
👉 Langkah pertama, panaskan minyak, kemudian masukkan bumbu-bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kemiri) lalu tumis hingga harum.
👉 Langkah kedua, Masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan sebelumnya dan air. Kemudian masak sampai mendidih dan terlihat mengental.
👉 Tambahkan merica bubuk, garam, kecap manis lalu aduk hingga rata.

Cara Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang:
👉 Langkah pertama, Cuci daging ayam hingga benar benar bersih lalu tiriskan. Setelah daging ayam kering kemudian tusuk ayam dengan menggunakan tusukan sate, lalu kemudian sisihkan
👉 Langkah kedua, Campur kecap manis dan margarine menjadi satu kemudian aduk hingga tercampur secara rata. Setelah itu oleskan pada sate ayam secaramerata.
👉 Langkah ketiga, Panggang sate ayam hingga terlihat setengah matang, lalu angkat. ( Biasanya orang menggunakan panggangan dan arang.Tapi karena repot dan banyak asap, saya menggunakan pan datar)

image

👉 Selanjutnya celupkan ke dalam bumbu kacang, panggang lagi sampai matang, lalu angkat. Kalau ini sesuai selera. Saya lebih suka dipanggang hanya dengan olesan kecap manis dan margarine saja.
👉 Terakhir, hidangkan sate ayam dengan bumbu kacang serta air jeruk limau (jika suka), kemdian lengkapi dengan irisan tomat, irisan bawang merah, irisan cabe rawit, dan lontong atau ketupat.

Mudah kaaaaann. Hampir saja sujud syukur setelah selesai membuatnya. Tapi alhamdulillah, masih sadar kalo itu berlebihan :))

image

Yuuk ayuk buibu dicobain. Lumayan untuk manjain perut anak di hari libur, atau bisa juga dibawain untuk bekal sekolah :p

Sup Bakso suka suka

Jadi ya begitu. Saya tidak pintar masak dan biasanya selalu memasak makanan yang bahannya tidak susah dicari atau dibuat (malu maluin gak sihh :p)
Jadi kemarin malam saya sedikit tidak enak badan dan pengen makan makanan yang berkuah. Isi kulkas cuma seadanya. Nasib yahh. Tapi lumayan, ada bahan untuk membuat sup. Ada kentang dan wortel. Pengen udang, ternyata udang yg ada di freezer sudah saya habiskan beberapa hari lalu. Tapi minimarket komplek masih adaaaaaa. Kesanalah saya membeli bakso olahan.
Dan ini bahan sup sederhana saya
Bawang Putih
Bawang merah
Merica
Garam
Margarin untuk menumis
Air untuk merebus
Wortel
Kentang
Bakso (bisa juga ditambah ayam, daging atau udang. Sesuai selera saja )
Brokoli
Daun bawang
Seledri
Cara membuatnya:
Bawang merah dan putih dicincang lalu ditumis dengan margarin. Setelah wangi, masukkan air. Setelah air mendidih, masukkan wortel kemudian kentang.
Kalau kentang dan wortel sudah lembut, masukkan bakso dan kemudian brokoli. Jangan direbus terlalu lama karena bakso dan brokoli cepat masaknya. Masukkan daun bawang.
Angkat. Taburi dengan daun seledri.Bisa juga taburi bawang goreng jika suka.
Mudah kaaaannn..
Karena sangat mudahnya, saya sampai sedikit malu untuk posting ini di blog. Tapi tidak apa untuk berbagi cerita kan 🙂

Ini dia penampakannya
Ini dia penampakannya