Berdesakan Di Bus Lintas USU

Sejak beroperasi tahun 2013 lalu, Bus Lintas USU  menjadi idola di kalangan mahasiswa, dosen dan pegawai yang ingin berhemat dan tidak mau capek jalan kaki. Semakin hari, penggemarnya semakin bertambah banyak, khususnya di kalangan mahasiswi. Para mahasiswa sepertinya mundur teratur melihat semangatnya para mahasiswi menggunakan fasilitas USU ini. Bisa juga mereka merasa nyawanya terancam melihat betapa beringasnya para mahasiswi merubuhkan lawan-lawannya yang ingin menumpang bus Lintas USU ini.
Iya. Dulu, awalnya saya berpikiran positif, kalau mahasiswa akan lebih teratur dan mengerti untuk mengantri. Tapi pada kenyataannya tidak. Continue reading “Berdesakan Di Bus Lintas USU”

Jam kerja baru di lingkungan USU

Jam kerja baru?? Baru?? Emang selama ini jam kerjanya gimana?

Selama ini sih jam kerja berubah sedikit demi sedikit, menyesuaikan dengan kebijakan pimpinan. Tapi gak jauh-jauh dari pkl. 08.00 – 15.00 WIB untuk Senin sampai Kamis, pkl. 08.00 – 12.00 WIB untuk hari Jum’at dan pkl. 08.00 WIB – 13.00 untuk hari Sabtu. Iya, kami kerja di hari Sabtu.
Apakah semuanya tepat waktu? Tidak.
Ada yang pulang lebih cepat, ada yang lewat dari jam yang sudah disepakati. Walau begitu, ada juga beberapa yang tepat waktu sekali. Tepat datang, tepat pulangnya. Continue reading “Jam kerja baru di lingkungan USU”

FOTOGRAFI KOMUNIKASI (FOKUS) USU

LOGO_FOKUSPerkembangan fotografi yang semakin maju, memicu muncul banyaknya komunitas foto, terutama di kota Medan. Orang-orang yang tidak mengerti tentang fotografi juga berlomba-lomba untuk belajar dan tak jarang pula langsung bergabung dengan komunitas fotografi yang sudah ada di kota Medan. Karena perkembangan itu pula, banyak pula komunitas, kegiatan organisasi, dan lain-lain yang mengadakan perlombaan atau event yang tentunya berkaitan dengan dunia fotografi. Mulai dari seminar, lomba, pameran, workshop, hingga kegiatan sosial yang menggabungkan beberapa komunitas fotografi pun sudah ada di kota Medan. Continue reading “FOTOGRAFI KOMUNIKASI (FOKUS) USU”

Pelatihan Koordinasi dan Evaluasi Web Portal USU

IMG_20141127_095049 Pagi-pagi harus lari-lari ke Biro Rektor itu ya dua hari yang lalu. Merasa tenang-tenang saja, lalu mendapat telepon dari Ria Lesmana untuk segera datang ke ruang IMT-GT Biro Rektor USU karena dicari oleh Ibu Pembantu Rektor 4! Baiklah, tidak usah disebutkan paniknya saya yang mungkin sedikit berlebihan, intinya saya sudah sampai di tempat dengan selamat. Jadi, acara yang saya hadiri ini adalah dalam rangka lanjutan pembuatan web portal fakultas dan unit kerja yang terdapat dilingkungan USU dengan tema “Pelatihan Koordinasi dan Evaluasi Web Portal USU” yang diadakan di Ruang IMT-GT Biro Rektor USU. Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor IV Prof.Dr. Ningrum Natasya, Wakil PSI USU Dr. Mahyudin, M.I T, dan juga Humas USU Muhammad Zeinizen. Saya tidak mengikuti acara pembukaannya, karena saya telat 😀 Pelatihan ini diikuti oleh seluruh operator web portal fakultas dan mahasiswa di lingkungan USU dan berlangsung selama dua hari, tanggal 26-27 November 2014. Wakil Rektor IV USU mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk penyegaran kembali web portal yang ada pada masing-masing fakultas di lingkungan USU. Humas USU Muhammad Zeinizen juga mengatakan bahwa perkembangan dunia informasi melalui website sangat dibutuhkan saat ini, terlebih lagi informasi-informasi seputar USU yang akan dibaca oleh orang banyak bukan hanya dilingkungan USU saja tetapi bisa mendunia. Ya, kita bisa membaca darimana saja. Mahasiswa dihimbau agar bisa mendapatkan berita seputar fakultas masing-masing, dan menyerahkannya kepada operator web portal fakultas untuk di upload. Dan berita yang masuk harus di periksa terlebih dahulu apalah layak naik atau tidak. Oleh karena itu, para peserta pelatihan tersebut diberikan pengarahan dan pelatihan tentang dasar-dasar jurnalistik, cara penulisan berita, teknik pengambilan foto dan video, dan terakhir cara meng uploadnya ke web portal. Berita yang masuk, tentu saja tidak boleh mengada-ada, penulisannya benar dan diharapkan agar foto yang diupload adalah foto yang diambil menggunakan kamera DSLR atau pocket. Tidak dianjurkan menggunakan kamera handphone. Di akhir acara, dipilih 4 orang yang paling antusias mengikuti pelatihan ini. Diantaranya adalah Ria Lesmana dari FISIP USU, yang menelpon saya tadi pagi. Dan beliau satu fakultas dengan saya :D. IMG_20141127_154841 Pelatihan ditutup oleh Wakil Rektor IV Prof.Dr. Ningrum Natasya sekaligus penyerahan cinderamata dan foto bersama pemenang.

IMG_20141127_155115
Kami dari FISIP, sehabis pelatihan

Bike Sharing Sepeda USU

1017760_10203546059792800_6112813891030801673_n

Ada kegiatan baru dari USU, yaitu Kegiatan USU Bersepeda. Kegiatan ini merupakan himbauan untuk menggunakan sepeda pada 1 hari (hari Kamis) di dalam lingkungan kampus USU. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk membangkitkan minat stakeholders USU untuk menggunakan sepeda sebagai moda transportasi alternatif dalam berkegiatan sehari-hari secara umum dan berkegiatan di kampus USU pada khususnya. Diharapkan juga agar mendorong timbulnya kebiasaan baru, yaitu dari sebelumnya menggunakan kendaraan bermotor beralih menjadi kendaraan tidak bermotor (sepeda) atau jalan kaki. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi titik mulai perubahan kebiasaan tersebut.

Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan 2 kali sebelum kegiatan peluncuran Sepeda USU yang bersumber dari pendanaan hibah USAID-ICED pada akhir Desember 2014, yaitu:

Hari/Tanggal          : Kamis, 27 November 2014 dan Kamis, 11 Desember 2014
Pukul                     : 09.00 – 15.00 WIB
Tempat                  : Kampus USU Padang Bulan (di parkiran Gedung Biro Pusat Administrasi (BPA) dan Perpustakaan sebagai pusat keramaian serta pengambilan hadiah, cinderamata dan sosialisasi)

Peserta                  : Terbuka untuk seluruh stakeholders USU, peserta menggunakan sepeda sendiri dengan tanpa  dipungut biaya apapun.

Pada hari yang ditentukan, akan ditetapkan jalur khusus bebas kendaraan bermotor di dalam area kampus USU. Direncanakan, jalur dimulai dari Jl.Dr.Ma’as (mulai dari perpustakaan hingga ke depan FKG). Untuk tanggal 27 November, jalan tidak ditutup, tetapi terdapat sosialisasi dan penarikan aspirasi mengenai dilakukannya pedestrianisasi di jalan tersebut. Untuk tanggal 11 Desember, jalan semi tertutup dengan terdapat beberapa hambatan yang akan membuat pengguna kendaraan menggunakan kecepatan cukup rendah.

Untuk setiap stakeholders USU yang menggunakan sepeda pada hari yang ditentukan berhak memperoleh reward (contoh, minuman gratis dari sponsor) dan souvenir sepeda kampus USU dengan mengisi daftar partisipasi.

Bagi mahasiswa USU yang berminat untuk mengikuti kegiatan ini, silahkan datang langsung di jam dan tempat yang sudah ditentukan.

Mari kita ubah kebiasaan kita, mari kita sama-sama sehat dan hemat, mari kita Kampanye USU Bersepeda!

Bus Lintas USU

Pagi-pagi mau cerita tentang Bus USU nii, hehehe.
Jadi sekarang tuh, di USU (Universitas Sumatera Utara) udah ada yang namanya Bus Lintas USU. Setelah penantian sekian lama, dan sempat iri dengan Kampus-kampus lain di Jawa sana yang sudah lebih dulu punya Bus lintas kampus, akhirnya mahasiswa USU bisa juga ngerasain fasilitas kampus ini.
Pada tahap awal ini dipersiapkan dengan mengoperasionalkan sementara dua bus medium USU yang ada berkapasitas 30 tempat duduk dan diperkirakan bisa menampung 50 orang mahasiswa yang tersebar pada 14 titik, 12 titik halte reguler dan 2 titik halte khusus yakni di rumah sakit USU dan Fakultas Kedokteran (masih dipersiapkan haltenya, hehe). Insya Allah masih akan ditambah 2 atau 3 bus lagi mengingat banyaknya jumlah mahasiswa dan rasa kegratisan yang begitu besar (hahahah.. apasih). Karena ya rasanya memang sangat bersyukur ada bus lintas kampus. Kalo mau jalan kaki, bisa gempor, mau naik becak, mahal dong ya kaann, apalagi untuk ukuran mahasiswa, pasti seneng banget yang namanya gratisan, hihihiii. Apalagi kalo kebagian kampus yang letaknya di ujung banget, mungkin bakalan sujud syukur karena ada bus lintas kampus ini.

Untuk waktu pengoperasiannya, hari Senin sampai dengan Jumat pukul 7.30-17.00 WIB. dan Sabtu pukul 7.30-13.00 WIB. Dengan mengoperasionalkan dua bus saat peak hours, waktu tunggu bagi pengguna di setiap halte antara 10-15 menit antara bus 1 dan bus 2. Sedangkan waktu berhenti pada setiap halte adalah 1 menit, dan diwajibkan untuk menggunakan halte sebagai tempat naik dan turun pengguna serta waktu tempuh rata-rata antara halte 1-3 menit. Jadi jangan harap bakal diangkut kalo gak nunggu di halte yaa.

Oiya, jangan lupa juga nunjukin Kartu Tanda Mahasiswa atau Tanda Pengenal untuk karyawan. Karena memang bus ini diperuntukkan bagi penghuni USU. Ketentuan lain yang harus diwajibkan kepada pengguna bus lintas USU ini adalah, larangan merokok, makan dan minum, membuang sampah sembarangan, berdiri dan bergantungan di pintu masuk bus, berjualan, mengamen, minta sumbangan dan wajib menjaga ketertiban, kesopanan dan kebersihan untuk kenyamanan bersama. Sejak launching tanggal 9 Maret 2013 kemarin sampai sekarang sih, semuanya masih aman tentram, AC di dalam bus masih dingin, pewangi masih semriwing. Semoga jangka panjangnya juga bagus terus yaaaa..

Yakkk! Buat para pejalan kaki, yang suka gratisan, betis bisa sedikit dimanjain deh, dipercantik biar nggak kayak betis kesebelasan karena kebanyakan dipake buat jalan, hihihih..

Buat anak-anak USU yang mensyukuri adanya bus ini, Selamat Pake yaaaa!! :))

Ramadhan dan Buka Puasa Bersama

Ramadhan datang lagi. Berpuasa lagi dan pastinya ada acara ber Buka puasa bersama lagi.

Berbuka puasa yang biasanya di rumah, kali ini ada saja datang undangan untuk berbuka puasa barengan di rumah. Semakin banyak teman, semakin banyak saja ajakan buka puasa bareng.

Entah sejak kapan tradisi itu populer, tapi semenjak itu, tempat-tempat makan, resto, cafe dan sejenisnya ramai dikunjungi orang-orang yang akan berbuka puasa bareng diluar, bahkan ada beberapa yang sampai harus reservasi terlebih dahulu karena penuhnya pengunjung.

Sebenarnya kegiatan ini cukup menyenangkan. Mungkin bagi beberapa orang yang ingin mengadakan reuni atau kopdar, moment berbuka puasa bersama itu menjadi moment yang asik. Apalagi ada beberapa orang yang berada diluar kota dan baru bisa bertemu saat menjelang Lebaran karena di saat itulah mereka mendapatkan cuti untuk mudik.

Setiap tahun, saya juga mendapatkan ajakan untuk berbuka puasa diluar. Mempunyai banyak teman di beberapa komunitas juga membuat kita mendapat banyak undangan.

Kalau dulu, saya masi berusaha memenuhi semua undangan itu. Tapi semakin lama, semakin saya kurangi.

Bukannya tidak berusaha untuk memenuhi, tapi sebisa mungkin saya berbuka puasa di rumah dengan keluarga dan anak saya.Ada rasa bersalah kalau saya terlalu sering meninggalkan Raffi di rumah dan sementara saya berbuka diluar. Kalau saya ajak Raffi untuk ikutan saya berbuka di luar, dia suka bosen kalo kelamaan nungguin saya ngumpul dengan teman-teman.

Pada akhirnya, berbuka puasa di rumah bersama keluarga adalah segala-galanya buat saya. Tapi buat temen-temen yang memang seneng berbuka bareng dengan teman-teman yang lain, monggooo… Jangan lupa shalat Maghrib yaa 🙂

Sedikit tentang Pak Siswo…

Senin, 14/09/2009

Terlalu mengejutkan kabar yang kuterima pagi itu. Disaat aku baru saja akan menelfon Teguh untuk menanyakan kabar bapak.

“Kak…Pak Siswo meninggal”.

Juju yang menyampaikannya saja sudah terbata2.

Begitu aku keluar radio, beberapa mahasiswa stb’06 sudah duduk terdiam dengan mata berkaca kaca. Padahal baru saja hari Sabtu kemarin kami beramai ramai menjenguk beliau di rumah sakit.

Dimataku, Bapak adalah sosok yang menyenangkan. Tidak pernah terlihat marah. Selalu ramah menyapa siapa saja.

Aku ingat, waktu aku mengambil mata kuliah Komunikasi Antar Pribadi (kebetulan Bapak adalah dosennya), bapak masuk dengan cengirannya. Katanya sih sedang sakit gigi. Tapi yah teteeepp aja ketawa sambil becandaan. Dan sesekali malah mentertawakan giginya yang sakit itu.

Bapak dosen yang baik. Orang baik pergi di bulan yang baik. Dan alhamdulillah, aku hanya mempunyai kenangan yang baik tentang beliau.

Pak Siswo (kiri bawah) bersama para staff pengajar Ilmu Komunikasi

Yah…itulah ajal…ketika dia datang menjelang, tidak ada yang bisa kita lakukan selain pasrah. Pasrah menghadapinya dengan amal yang telah kita kumpulkan selama kita hidup.

Semoga ilmu yang telah beliau berikan bisa berguna dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Amin

Dan untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga tabah. Ada banyak hikmah dari semua kejadian.

Sumber foto : http://nimue-story.blogspot.com/

Standing Party Candle Light Dinner

Wohoho…Ini benar benar acara buka puasa bersama yang mengecewakan…plus kocak, hihii

Jadi ceritanya ni kemaren kampus ngadain acara buka puasa bersama. Ada Dekan, pejabat kampus, dosen dosen, pegawai dan mahasiswa. Jam 17.30, hujan turun deraaaaass banget. Pake guntur, kilat halilintar. Pokoknya cukuplah buat orang orang pada takut dan sukses buat listrik MATI!!! Bayangkan acara rame gitu, ada atap yang bocor, mati lampu, gak ada genset, gak ada lampu darurat..Cuma ada lilin ama lampu hp, hahahahahhh!!!! Ampuuuuuunnn daaaahhh…

Pas udah adzan maghrib, trus smua pada buka puasa, si listrik belom idup juga. Dan terpaksalah makan dalam gelap. Udah pada gak tau lagi masing masing pada makan apaan. Cuma pake feeling aja. Soalnya lauknya cuma keliatan samar samar.

Trusss dengan adanya Dekan, pejabat kampus dan dosen dosen, di acara ini gak ada yang namanya pembukaan dan penutupan. Gak ada penerima tamu. Weeeee kayak yang dateng cuma mahasiswa doank. Jadi pas bubaran, ya bubar masing masing aja, hoooeeee…. Ni panitia kampus perlu belajar EO juga niii…Biar ngerti gimana prepare sebuah acara.

Daaaaannnn…..karena mati listrik, kelupaan buat poto2…padahal emang kondisi kmaren tu kocak banget, huhuhuhuhuuu…

Buka bareng taun depan????? Liat taun depan aja kali yaaaaa, hehehe

Ini salah satu bawaan bukaan kami