Bumbu Tomyam Instant

Aku tu anaknya senang sekali kalo dapat oleh oleh. Apapun itu kalo namanya oleh oleh pasti bahagia #anaknyadoyangratisan.

Kemarin itu dikirimin oleh oleh bumbu tomyam dari temennya si Ibu, Kak Imas, yang di Penang. Kak Imas ini memang sering kirimin makanan atau kopi atau Milo atau semacamnya untuk kami dan Ibu dan Adiknya yang tinggal di Medan. Jadi biasanya kalo abis dikirimin, kulkas kami pasti penuh dengan makanan instant atau minuman sachetan atau juga ((( COKLAT))) :p. Nah kemari tumben ada bumbu bumbuan kayam bumbu tomyam. Setelah dibaca-baca, penggunaannya juga mudah. Tinggal panasin air, masukkan udang atau cumi atau sayur atau apapun yang pengen dimasak, trus masukkan bumbunya, aduk-aduk, trus jadi deh. Jadi untuk yang tidak mahir memasak seperti saya, bumbu semacam ini syurga sekaliiii.

Pak Suami yang penasaran sekali (atau lapar :p) dan maksa agar bumbu segera dieksekusi. Dan saya menyiapkan udang, bakso ikan, sosis dan daun bawang. Gak saya tambahin asam potong lagi karena katanya sudah asam.

20180714_191523

20180713_232456Oiya, bumbu ini produksi Thailand, tapi setelah saya cek, ada label halalnya kok. Alhamdulillah bumbunya membantu sekali dikala malas masak atau gak tau lagi mau masak apa. Mungkin setelah ini saya akan cari bumbu sejenis ini di Medan. Kan repot kalo mau beli harus ke Penang dulu :))

Iklan

Mashed Potato With Salmon

Mashed potato with salmon (sok bule gitu 😂😂 ). Ini hasil diajarin si Ibu. Jadi Sophia udah gak mau lagi makan bubur yang kayak biasa dimakan. Si Ibu buatin mashed potato dan dia suka. Nahh si umaknya Sophia minta diajarin bikinnya. Kan gak mungkin makanan anak sendiri tiap hari dimasakin mertua ya kan. Ya kaaann.. Dan inilah diaaa 😗. Disimpan dalam wadah trus dimasukkan kulkas. Kalau mau dimakan, dipanasin dulu di microwave.

Resepnya,

1 buah kentang merah (aku pake kentang merah ukuran besar)
Brokoli (seseuai selera)
2gr ikan salmon (potong kecil kecil)
Satu sendok takar susu bubuk (aku pakai susu sophia)
1gr keju
1/2 sdt margarin
1/2 gelas kecil air

Cara membuat:
1. Kupas kentang, potong 4. Cuci kentang dan brokoli kemudian kukus.
2. Setelah matang, brokoli dan kentang dilumat/dihaluskan.
3. Masukkan ikan salmon, susu bubuk, keju, margarin dan air. Kemudian aduk sampai rata
4. Masak kembali adonan dengan api kecil sampai kalis
5. Angkat. Dinginkan.

Perdana Membuat Daun Ubi Tumbuk

image

Dulu, saya panik sekali melihat berbagai macam bumbu dapur dan resep resep yang saya lihat di majalah. Rasanya rumit dan menakutkan. Tapi ternyata, bumbunya itu itu saja dan tidak menakutkan sama sekali.
Kemarin, sedang tidak enak badan dan pengen makan daun ubi tumbuk tapi tidak ada mama yang biasa memasakkan. Jadi, akhirnya bikin sendiri. Rasanya belum seenak buatan mama, tapi tak apalah, namanya juga masi belajar. Dan karena sedang tidak enak badan, saya tidak terlalu kuat untuk menumbuk daun ubi sehingga tidak terlalu hancur. Lain kali pasti akan lebih baik lagi *semangat!* :))

Ini sayur daun ubi tumbuk ala saya Lanjutkan membaca “Perdana Membuat Daun Ubi Tumbuk”

Sate Ayam Bumbu Kacang ala-ala

Saya suka, suka, sangat suka sate ayam bumbu kacang. Selain suka satenya, saya suka sekali dengan kuah kacangnya. Rasanya enak kalau dimakan dengan lontong.
Dan hari ini lagi rajin, pengen buat sate. Sebenarnya sih dari dulu sering penasaran, kok orang-orang bisa bikin sate ya. Apalagi, tetangga depan rumah beberapa kali bikin sate dan dianter ke rumah. Mau nanya gimana buatnya, lupa melulu dan takut ditanyain “gimana windi, udah jadi bikin satenya?”  secara lebih seringnya niat aja yang gede. Prakteknya, yaa pergi ke tukang sate, beli sate :))
Sempat juga mikir, cuma tukang sate saja yang bisa membuat sate *ealah

Jadi, disinilah saya, berbekal resep yang didapet dari internet sejak berbulan-bulan yang lalu.

Bahan Membuat Sate Ayam
Bumbu Kacang:
👉 ½ ekor ayam (buang kulit dan tulangnya lalu potong dadu)
👉 5 sendok makan kecap manis (olesan)
👉 2 sendok makan margarine (lelehkan, untuk olesan)
👉 2 buah jeruk limau (jika suka, saya sih gak pake)
👉 Tusukan sate secukupnya

Bahan untuk membuat bumbu kacang:
👉 350 ml air (saya kira kira aja airnya sebanyak apa)
👉 150 gram kacang tanah goreng yg dihaluskan. Kalau dengan blender lebih halus atau diulek sendiri tapi agak kasar
👉 5 sendok makan kecap manis
👉 Garam secukupnya
👉 Merica bubuk secukupnya
👉 Minyak goreng secukupnya
untuk menumis

Bahan yang akan dihaluskan
untuk membuat bumbu kacang:
👉 5 butir bawang merah
👉 3 siung bawang putih
👉 4 buah cabe merah
👉 2 butir kemiri

Pelengkap:
👉 Irisan tomat, irisan cabe rawit, irisan bawang merah atau bawang goreng
👉 ketupat atau lontong

Cara membuat bumbu kacang sate ayam:
👉 Langkah pertama, panaskan minyak, kemudian masukkan bumbu-bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kemiri) lalu tumis hingga harum.
👉 Langkah kedua, Masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan sebelumnya dan air. Kemudian masak sampai mendidih dan terlihat mengental.
👉 Tambahkan merica bubuk, garam, kecap manis lalu aduk hingga rata.

Cara Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang:
👉 Langkah pertama, Cuci daging ayam hingga benar benar bersih lalu tiriskan. Setelah daging ayam kering kemudian tusuk ayam dengan menggunakan tusukan sate, lalu kemudian sisihkan
👉 Langkah kedua, Campur kecap manis dan margarine menjadi satu kemudian aduk hingga tercampur secara rata. Setelah itu oleskan pada sate ayam secaramerata.
👉 Langkah ketiga, Panggang sate ayam hingga terlihat setengah matang, lalu angkat. ( Biasanya orang menggunakan panggangan dan arang.Tapi karena repot dan banyak asap, saya menggunakan pan datar)

image

👉 Selanjutnya celupkan ke dalam bumbu kacang, panggang lagi sampai matang, lalu angkat. Kalau ini sesuai selera. Saya lebih suka dipanggang hanya dengan olesan kecap manis dan margarine saja.
👉 Terakhir, hidangkan sate ayam dengan bumbu kacang serta air jeruk limau (jika suka), kemdian lengkapi dengan irisan tomat, irisan bawang merah, irisan cabe rawit, dan lontong atau ketupat.

Mudah kaaaaann. Hampir saja sujud syukur setelah selesai membuatnya. Tapi alhamdulillah, masih sadar kalo itu berlebihan :))

image

Yuuk ayuk buibu dicobain. Lumayan untuk manjain perut anak di hari libur, atau bisa juga dibawain untuk bekal sekolah :p